Trending Template

4 langkah Menata ulang waktu anda

Kamis, Februari 01, 2018

Ilustrasi

Oleh : Zulkarnen,S.Pd
Waktu adalah indentitas kehidupan dan kehidupan adalah waktu itu sendiri. Siang dan malam adalah gambaran kehidupan pasangan serasi yang wajib ada.
Waktu adalah perhitungan usia, dengan waktu kita mengetahui seberapa lama kita sudah hidup. Dan apa saja yang sudah kita isi dalam kehidupan kita. Singkatnya kita hidup dalam waktu dengan segala batasannya dan dengan segala keterbatasan kita
Dalam tulisan singkat ini saya ingin mengajak kita untuk melihat kembali pembagian waktu dalam setiap aktivitas kita selama ini, khususnya bagi yang belum pernah memanjemen waktunya. Apa yang harus anda lakukan;

1. Evaluasi

Kalau anda ingin mengatur waktu anda dengan baik, luangkanlah sedikit waktu anda untuk meng – evaluasi semua waktu yang sudah anda jalani selama ini. Sebaiknya anda menggunakan alat tulis; tulislah, waktu terbanyak anda selama ini di gunakan untuk apa saja. Setelah anda menulis semua sialahkan perioritas waktu yang mana saja yang masih layak anda pertahankan, baik durasinya atau keperluannya dan waktu apa saja yang harus anda buang atau mempersingkat durasinya.

2. Atur ulang waktu anda

Setelah melakukan evaluasi silahkan anda mengatur ulang waktu anda. Sebaiknya anda menulisnya sama seperti saat anda meng – evaluasi tadi. Tentunya anda lebih tau tentang pembagian waktu anda. Utamakan waktu yang produktif. Bekerja atau belajar tulislah diperioritas pertama anda. Yang perlu digaris bawahi bahwa semua yang anda tulis belum tentu teraksanakan dengan baik,boleh jadi ada agenda – agenda yang tidak terduga dan harus anda lakukan. Paling tidak angenda utama anda tidak rusak.

3. Mengontrol dan evaluasi kembali

Setiap hari atau setiap 3 hari atau setiap minggu anda harus mengontrol dan mengevaluasi kembali bagaimana waktu yang sudah anda lalui, sesuaikah dengan yang anda tulis atau apa yang anda tuliskan itu efektif ? ini kembali kepada anda lagi. Yang peling penting adalah bagaimana anda harus memulai dengan tekun menerapkan manajemen yang anda tulis karena godaan godaan untuk lain sangat susah di hindari fungsi kontrol ini adalah kembali kejalan yang lurus.
Demikian sedikit tulisan ini semoga bermamfaat bagi saya dan anda.

Sumber dari Tulisan Saya di Steemit 
Share on : Facebook Twitter Google+

1 komentar: